“into the wild”. potongan mimpi masa kecil dan ketakutan untuk meninggalkan kenyamanan




“jika kau berpikir kebahagiaan datang dari hubungan manusia, maka kau salah. Tuhan meletakkan kebahagiaan disekitarmu, segala hal yang dapat kau rasakan. Kau hanya harus mengubah sudut pandangmu akan hal itu”
Christopher Johnson McCandles / Alexander Supertramp


Pernahkah kita berpikir  untuk lari atau menjauh dari peradaban sejenak. Tanpa smartphone, laptop, internet,  bahkan tanpa uang. Hanya ada diri sendiri, alam dan buku. Mungkin pernah, tapi hanya sedikit dari kita yang dapat mewujudkan hal itu.  takut dan realistis nampaknya yang menjadi penghalang kita untuk mewujudkannya.



Saya adalah orang yang gemar berimajinasi atau berkhayal dari kecil. Contohnya berkhayal gimana kalau deodorant nggak pernah diciptakan sehingga bau ketiak menyebar dan mengotori udara lalu terjadilah global warming yang sangat parah, lalu bumi melemah dan nyaris hancur. Lalu timbullah virus yang membuat lebih dari sebagian manusia dibumi menjadi mayat hidup. Virus itu bernama, virus BRADCCMBP  yang merupakan singkatan dari Bau Ketiak Remaja Alay Dan CabeCabean Merusak Bumi Pertiwi. Orang yang terinfeksi virus ini akan menjadi makhluk mengerikan yang akan mencari manusia normal yang tersisa dan akan menjilati ketiak mereka hingga manusia normal tersebut mati dengan keadaan ketiak berlendir.

Dapatkah manusia-manusia yang tersisa tersebut bertahan hidup dari monster penjilat ketiak ????

Dapatkah virus tersebut dihilangkan???

Dapatkah bumi kembali normal???

Dapatkah saya berpacaran dengan pevita pearce???

Temukan jawabannya di....

The Walking Deodorant
Kambing soon

Itu adalah salah satu contoh khayalan liar dan absurd saya. Ok, kembali ke topik khayalan masa kecil. Saat saya kecil saya selalu berkhayal melakukan sebuah pertualangan, sebuah perjalanan yang menegangkan dan penuh makan, sorry maksud saya makna *efeklapar*  , tapi hingga sekarang itu hanya menjadi khayalan dan keinginan yang tak pernah terwujudkan dari banyak mimpi masa kecil saya. Seperti yang saya bilang diatas tadi, ketakutan dan realistis. itulah yang menjadi penghalangnya.

kebanyakan manusia terlalu takut meninggalkan zona nyaman mereka, sehingga mereka sudah merasa puas dan selalu ingin tetap berada di zona nyaman itu. tetap disitu, Hanya menjadi penonton, dan tak akan pernah mengecap, ketegangan dan  resiko kehidupan. Hingga nanti mereka mati, nama mereka hanya akan diingat untuk beberapa tahun kedepan dan kemudian dilupakan. Lenyap.

Dan saya mungkin salah satu dari manusia tersebut. Terlalu takut, sehingga mimpi-mimpi masa kecil itu hanya tetap menjadi mimpi dan kemudian akan dilupakan. Tapi sebuah pertemuan dengan “into the wild” menguak kembali mimpi masa kecil itu dan menimbulkannya kembali ke permukaan. Sehingga membuat saya kembali teringat dengan mimpi masa kecil saya.

Ok, saya akan menceritakan sedikit tentang film into the wild, film yang membuat saya teringat dengan salah satu mimpi masa kecil saya.



Bercerita tentang seorang pria bernama Christopher Johnson McCandles seorang pria berpendidikan dan berprestasi tinggi dan  juga memiliki kepribadian yang baik dan mudah beradaptasi dan disenangi, ia juga memiliki pemikiran dewasa yang bijaksana. Setelah lulus di Universitas Emory dengan nilai yang bagus. Chris memutuskan untuk pergi meninggalkan keluarganya dan memulai kehidupan dengan caranya sendiri, yaitu menjalani petualangan di alam bebas. Untuk memulai kehidupan barunya ia rela meninggalkan banyak hal seperti uang, telepon bahkan kekayaan yang dimilikinya. Di kehidupan barunya chris juga mengubah namanya menjadi Alexander Supertramp.

Dan yang menarik dari film ini adalah  film ini diangkat dari sebuah novel berjudul sama yang ditulis oleh Jon Krakauer dan novel itu ditulis berdasarkan kisah nyata. Tapi sayang sekali saya belum pernah baca novelnya .



Di awal menonton film ini saya sangat mengantuk dan bosan tapi setelah beberapa menit berikutnya diri saya terbius dengan cerita yang sangat luar biasa ini, setting ceritanya yang menarik dan memanjakan mata juga alurnya yang maju-mundur juga sangat bagus. Musiknya juga nyaman di dengarkan dan terutama quote yang bagus-bagus, di ni film banyak kata-kata bagus yang menginspirasi. Contohnya seperti yang saya tulis di pembukaan pos ini. Dan beberapa quote yang sangat berkesan menurut saya adalah

"Sebagian orang merasa tak berhak untuk mencintai. Mereka berjalan pelan menyusuri kekosongan, mencoba menutupi celah masa lalu."

"Akan kukutip pernyataan Thoreau. 'Lebih dari cinta, uang, keyakinan, ketenaran dan keadilan, berikan aku kebenaran.'"

“Kebahagiaan hanya bisa  dirasakan saat berbagi”

Dan masih banyak lagi kata-kata yang bagus, terlepas dari pro dan kontra dibalik kisah ini karena beberapa orang berpendapat kalau kisah ini hanyalah tindakan emosional belaka, tapi kisah ini mengajarkan saya banyak hal. Antaranya adalah.



Diri sendiri.
Jika kamu berharap tontonan ini adalah kisah action yang penuh adegan keren dan antagonis yang unik, maka ini bukan tontonan yang tepat. Karena tidak ada tokoh antagonis dalam kisah ini. Karena tokoh antagonis terjahat dalam kehidupan adalah diri kita sendiri, film ini mengajarkan saya untuk mengalahkan dan berdamai pada diri sendiri, karena hal itulah yang harus saya lakukan sebelum saya mengalahkan kehidupan, yaitu mengalahkan diri sendiri.  Karena sebuah perjalanan bukan hanya tentang wisata, alam dan kuliner tapi juga merupakan bagian pencarian jati diri seseorang.

Makna kebahagiaan.
Di film ini chris bertemu banyak orang dalam perjalanannya bertemu banyak orang yang berhasil memberinya banyak pelajaran dan mengubah kehidupannya maupun kehidupan orang tersebut. Saya mulai mengerti kalau selama ini saya sudah merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya, saya di kelillingi orang yang saya sayang dan menyayangi saya, mungkin kita selalu berpikir

jika saya memiliki itu saya akan bahagia

jika saya memiliki ini saya akan bahagia

rupanya tidak, saya telah merasakan kebahagiaan sesungguhnya, kebahagiaan itu ada disekitar saya, dari banyak hal. Dari keluarga, benda, alam, atau dari diri saya sendiri. Saya hanya harus melihatnya dari sudut yang berbeda. Saya harus bersyukur karena itu adalah kunci kebahagiaan

keikhlasan.
Ketika chris memulai  kehidupan barunya, chris juga harus meninggalkan banyak hal termasuk keluarga dan adik yang disayanginya. Begitulah yang harus kita lakukan, ketika kita mendambakan sesuatu yang baik kita harus berani keluar dan meninggalkan sesuatu yang kita miliki untuk mengejarnya. Keluar dari zona nyaman dan belajar mengikhlaskan, menurut saya ada tiga hal yang lumayan susah dipelajari dalam kehidupan ini bersabar, bersyukur, dan mengikhlaskan. Tapi ketika kita berhasil mempelajarinya, kita telah menemukan kebahagiaan dengan cara kita sendiri dan berdamai dengan diri kita sendiri.

Kebebasan.
Pernah ngak kalian merasa iri dengan burung yang bebas terbang kemanapun tanpa memikirkan banyak hal seperti  pekerjaan, uang, pendidikan, hubungan dan lain lain. Mungkin kita pernah mengiginkannya, melupakan tanggung jawab kita sejenak mencari kebebasan, chris mendapatkan kebebasan dengan petualangannya, tapi pernah ngak kita berpikir dalam bentuk apa kebebasan kita. Setelah menonton film ini saya merenung dan mulai berpikir apa bentuk kebebasan saya.

Mungkin sekian cuapcuap saya kali ini dan maaf kalau postingan ini sedikit aneh, karena saat menulis ini saya sedang dalam keadaan merenung dan memikirkan kebebasan sehingga postingan ini berubah menjadi sangat serius. Itu saja cuapcuap saya dan seperti biasa mari kita bernnyanyi sedikit untuk semakin memaknai arti kebebasan. Di pos ini kita akan nyanyi lagu dari om iwa k, bebas.

Sudah tinggalkan

Tinggalkan saja

Semua persoalan waktu kita sejenak

Tuk membebaskan pikiran

Dan biarkan

Biarkan terbang tinggi Sampai melayang jauh menembus awan

Sementara tinggalkan semua aturan yang kadang terlalu mengikat dan tak beralasan miman

Memang

memang benar miman

Kita perlu cooling down dan melonggarkan pakaian

Bebas

Lepas

kutinggalkan saja semua beban di hatiku

Melayangku melayang jauh

Melayangku melayang jauh

Karena hari ini saya sedikit batuk jadi saya nggak bisa nyanyi panjang-panjang maka sekian lah postingan saya kali ini. Dan ayo berbagi mimpi masa kecil kamu di form komentar atau kamu juga bisa berbagi pendapat kamu.  

Komentar

  1. The Walking Deodorant
    kambing soon :v
    *Ngakak gk berhenti

    BalasHapus
  2. saya sendiri juga ngakak pas nulis bagian. walaupun terdengar agak geli. *sambilngelusketiak*

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer