Pintu terlarang: setiap manusia pasti memilikinya, setidaknya satu.


“lebih baik tidak mengetahui sesuatu dibalik sesuatu itu sendiri”

Kali ini saya mau bahas salah satu film horor indonesia yang baru saya tonton. Pintu terlarang. Udah tau nya lama sih ama film ini, tapi baru nonton karena dulu ngak tertarik, dulu baca judulnya saya beranggapan pasti filmnya film horor murahan indonesia yang Cuma jual artis-artis cantik atau hantu yang aneh-aneh.  jujur, hantu-hantu di film horor indonesia itu jarang yang seram-seram malah banyak yang buat saya geli. Tu hantu mukanya bukan horor malah mukanya kayak banci soalnya tu makeupnya tebal banget,  pasti tu bedak yang dipakai pasti tebalnya sekitar 2 atau 3 cm. Tu hantu tinggal dipakaiin tank top disuruh naik motor bertiga udah persis kayak cabe-cabean.

Begitulah pendapat saya tentang film-film horor indonesia, ngak ada kualitasnya. Jarang banget nemu film horor yang memang-memang berkualitas. Padahal indonesia tu stok hantunya banyak banget. Dan hantu-hantu indonesia tu keren-keren, setidaknya lebih kerenlah daripada hantu-hantu barat kayak chucky atau annabelle yang mukanya kayak balita yang terlalu cepat uzur. Lebih kerenan jenglot atau tuyul. Kenapa saya bilang hantu indonesia lebih keren, karena bagaimanapun bobroknya negeri ini saya tetap mencintai produk-produknya termasuk hantu-hantunya, salah satu teman saya yang bernama aldo yang mukanya lebih seram daripada hantu manapun, selalu berkata.

“cintailah ploduk-ploduk indonesia”

 Ok, kembali ke topik. Sumpah, saya nyesal banget, baru nonton film pintu terlarang ini sekarang, padahal film ini di rilis tahun 2009. ya, udah enam tahun lebih dan saya baru nonton sekarang *mukulkepalapakaikeyboard*

Saya ngak mau cerita banyak-banyak tentang film ini karena semakin sedikit kalian tau tentang film ini semakin baik menurut saya.  jadi ayo kita intip sedikit sinopsi dari film pintu terlarang ini.


Menceritakan seorang pematung yang berada di masa puncak kariernya yang bernama gambir. Memiliki kehidupan yang sempurna. Memiliki seorang istri cantik bernama talyda. Sang ibu yang pengertian dan sahabat-sahabat dekat rio dan dandung serta pemilik galeri yang dianggap ayahnya sendiri. Tapi di balik kesempurnaan dan kesuksekan kariernya tersembunyi kisah mengerikan didalamnya.

Dimulai dengan talyda yang mengugurkan kandungannya dan sedikit paksaan oleh talyda. gambir memasukkan janin miliknya ke dalam perut sebuah patung. Tidak sampai disitu penonton akan menemukan misteri dan unsur abnormal lainnya dalam film ini. Seperti melihat sebuah puzzle yang berantakan. Lalu keping-kepingannya mulai terkumpul dan ketika puzzle telah tersusun sempurna sebuah kenyataaan mengejutkan mulai terlihat. bahasanya tinggi banget *ngelap ingus*

Om joko anwar selaku sutradara memang jenius mengadaptasi kisah ini dari novel karangan mbak sekar ayu asmara, pengin banget baca novelnya. Nonton film ini membuat penonton mengalami hal mengejutkan berulang-ulang kali. Ngak berlebihan kalau film ini dibilang salah satu film indonesia berkualitas yang wajib ditonton. Terkadang kita lebih baik tidak mengetahui sesuatu dibalik sesuatu itu sendiri. Percayalah film ini ngak sesederhana sinopsis yang disampaikan.



Jujur, saya sedikit bingung, apa yang mau saya jelasin lagi di film ini. Intinya film ini, sulit dijelaskan dengan kata-kata soalnya ni film bagus banget. Saya jadi jatuh cinta ama om joko anwar. Memang film-film yang disutradarainya tu bagus banget. Modus anomali contohnya, saya udah lama nonton film ini dan film ini juga ngak kalah bagus ama pintu terlarang.

Karena film ini. pandangan negatif saya terhadap film-film horor indonesia sedikit mulai luntur. Dan bertambah bangga menjadi orang indonesia *nyanyi indonesia raya*.

Satu hal yang benar-benar saya pelajari dalam film ini adalah, rahasia. Rahasia itu memang hal yang menakjubkan sekaligus mengerikan. Karena setiap manusia pasti memiliki setidaknya satu buah rahasia yang tidak akan pernah bisa diceritakannya pada siapun termasuk oleh orang terdekatnya. Jadi ada dialog di film ini yang benar-benar keren menurut saya.

“jika ada seorang yang kamu takuti melarangmu membuka sebuah pintu, jangan pernah kau buka pintu itu”

“pintu apa itu ?”

“pintu terlarang, setiap manusia memilki satu”

“seperti apa pintu itu?”

“kau hanya akan mengetahuinya setelah kau membukanya”

Sumpah, scene di bagian dialog ini keren banget. Saya adalah salah satu orang yang memilki pintu terlarang itu, termasuk kalian semua pasti juga memilki pintu itu. pintu yang mungkin menyimpan sesuatu yang ingin kita lupakan dalam hidup kita, pintu yang mungkin berisi sesuatu yang bahkan diri kita sendiripun tidak ingin mengetahuinya.

Mungkin ini aja yang bisa saya ceritakan tentang film pintu terlarang ini, tumben-tumben lho saya nulis pendek kaya gini, mungkin karena kehabisan kata-kata plus kehabisan ide, karena akhir-akhir ni saya mulai sibuk dengan ujian-ujian jahanam yang bertubi-tubi dalam waktu dekat ini, tapi tenang sebisa mungkin saya akan terus update di blog ini.

Seperti tradisi biasanya, kita akan karaoke, musik-musik di film ini bagus-bagus, saya juga suka, kesannya itu klasik abis, enak banget pas di dengerin. Tapi,sayang, sayang, sayang,  beribu kali sayang*jomblo* saya nggak hapal dan ngak tahu liriknya. Liriknya susah banget diicari. Jadi kali ini saya mau nyanyi sebuah lagu dari payung teduh yang judulnya, keresahanmu, kenapa saya mau nyanyi ini, pertama karena saya suka lagunya, kedua karena lagu ini keren dan sedikit klasik jadi pas kayak film ini dan terakhir karena saat ini saya juga sedang resah. So, udah bacotnya, saya mau nyanyi dulu, jangan lupa siapin ember, mungkin kalian mau muntah.

Aku ingin berjalan bersamamu

Dalam hujan dan malam gelap

Tapi aku tak bisa melihat matamu

Aku ingin berdua denganmu

Diantara daun gugur

Aku ingin berdua denganmu

tapi aku hanya melihat keresahanmu

aku menunggu dengan sabar

diatas sini melayang-layang

tergoyang angin menantikan tubuh itu

aku ingin berdua denganmu

diantara daun gugur

aku ingin berdua denganmu

tapi aku hanya melihat keresahanmu

aku hanya ingin berdua denganmu

diantara daun gugur

aku ingin berdua denganmu

tapi aku hanya melihat keresahanmu.


Baiklah sekian cuapcuap singkat saya kali ini, buat kalian yang belum nonton pintu terlarang kalian harus nonton dan buat kalian yang belum pernah dengar lagu keresahanmu kalian wajib dengar, konon ada mitos dibalik lagu ini kalian bisa nyari sendiri di google. Ayo bagi pendapat kalian tentang sebuah rahasia, apa rahasia itu menurut kalian.

Komentar

Postingan Populer